Kita tidak dianjurkan untuk berinteraksi dengan orang lain secara langsung selama pandemi ini. Akibatnya, banyak orang sekarang menggunakan aplikasi pertemuan online sebagai pengganti ruang kelas dan ruang kerja pembelajaran online.

Zoom dan Google Meet adalah dua aplikasi meeting yang sedang populer di Indonesia saat ini. Tapi, selain mereka, ada banyak aplikasi pertemuan online! Kualitas videonya sebanding dengan Zoom dan Google Meet. 7 aplikasi rapat online terbesar di dunia tercantum di sini untuk Anda coba.

Zoom

Lalu ada Zoom Cloud Meetings yang sempat hits di awal merebaknya wabah Covid-19. Zoom Video Communications membuat aplikasi konferensi video ini, yang dirilis pada 10 September 2012.

Zoom memiliki beberapa keunggulan dibandingkan program rapat lainnya, antara lain jumlah fungsi yang banyak, kualitas video yang bagus, dan kemungkinan latensi yang rendah saat jaringan pengguna lemah. Namun penggunaan Zoom dibatasi, karena rapat dibatasi 40 menit dan peserta rapat dibatasi 100 orang. Anda harus berlangganan Zoom Premium jika ingin memperpanjang durasi atau menambah jumlah peserta.

Google Meet

Selanjutnya, Google Meet, aplikasi rapat populer, tersedia. Google Meet adalah pesaing Zoom di masa-masa awal pandemi. Hangouts Meet adalah moniker yang diberikan kepada Google Meet saat pertama kali diluncurkan pada tahun 2017.

Google Meet memiliki keunggulan dibandingkan aplikasi rapat lainnya karena mudah digunakan dan terintegrasi dengan layanan Google lainnya. Anda juga dapat mencoba beberapa fitur menarik Google Meet lainnya.

Microsoft Teams

Selanjutnya, Microsoft Teams, sebuah program pertemuan, dikembangkan oleh perusahaan. Aplikasi yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017 ini juga banyak digunakan di Indonesia.

Jika dibandingkan dengan program saingan, Microsoft Teams memiliki keunggulan karena terhubung dengan layanan Microsoft lainnya seperti Microsoft Office.

Jitsi Meet

Ada juga aplikasi pertemuan bernama Jitsi Meet, yang dikembangkan oleh perusahaan bernama 8×8. Jitsi Meet memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan aplikasi lain, termasuk fakta bahwa itu gratis dan peserta rapat tidak dikenakan biaya. Jitsi Meet juga merupakan software open source, artinya gratis dan bisa dibantu mengembangan Jitsi Meet oleh siapapun.

Skype

Terakhir, ada program bernama Skype yang sudah dikenal banyak orang. Skype dibuat untuk pertama kalinya pada tahun 2003, dan telah digunakan selama beberapa tahun. Skype saat ini berada di naungan Microsoft.

BlueJeans

Terakhir, ada aplikasi rapat yang dikembangkan oleh Verizon, bernama BlueJeans Meeting. BlueJeans didirikan pada tahun 2009 dan berbasis di California, Amerika Serikat.

Untuk dapat menggunakan BlueJeans, Anda harus terlebih dahulu menjadi anggota komunitas BlueJeans. Namun, selama 14 hari ke depan, Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis.

Webex

Webex, yang dilindungi oleh perusahaan Cisco, adalah program pertemuan online terakhir. Webex didirikan pada tahun 1995 dan dibeli oleh Cisco pada tahun 2007.

Webex ini menyertakan banyak fitur keren, termasuk opsi polling yang membantu latihan tanya jawab.

Jadi begitulah: tujuh aplikasi rapat online teratas di dunia. Ketujuh aplikasi yang tercantum di atas dapat digunakan di berbagai perangkat. Sekarang terserah Anda, guru, atau atasan Anda untuk memutuskan perangkat lunak rapat mana yang akan digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.