Aplikasi Perekam Panggilan terbaik untuk Android

Ada banyak kegunaan yang dapat diterima untuk aplikasi perekam panggilan. Untuk masalah hukum dan keamanan, beberapa orang lebih suka merekam panggilan telepon mereka. Namun, dalam banyak kasus, praktik itu dilarang. Sebelum menggunakan salah satu aplikasi ini, sebaiknya periksa undang-undang negara Anda.

Aplikasi perekaman panggilan mengandung sejumlah kekurangan. Dukungan Android sangat sporadis, dan merekam panggilan pada versi Android yang lebih baru sebenarnya sangat sulit. Ada beberapa solusi. Banyak perekam panggilan, seperti aplikasi perekam suara, merekam loudspeaker, namun ini mengharuskan Anda untuk melakukan semua panggilan di speakerphone. Yang lain memiliki pendekatan yang berbeda, tetapi semuanya memerlukan pengaturan yang rumit dan jumlah izin yang konyol.

Beberapa di antaranya mungkin kompatibel dengan Android 8.0 dan yang lebih lama, sementara yang lain mungkin kompatibel dengan Android 9 dan 10. Sulit untuk mengatakan dengan pasti di setiap gadget. Mereka yang beroperasi dengan Android 10 memiliki instruksi penginstalan yang sulit, dan meskipun demikian, tidak ada yang dijamin. Akibatnya, kami tidak memberikan jaminan. Pada setidaknya satu ponsel penguji dan setidaknya pada satu versi Android, kami dapat menjalankan semua ini.

Berikut adalah aplikasi perekam panggilan Android terbaik! Kami berharap Google mempermudah penggunaan ini di versi Android mendatang.

Automatic Call Recorder

Perekam Panggilan Otomatis Appliqato adalah salah satu aplikasi perekam panggilan Android paling populer. Modifikasi log panggilan dalam kebijakan Google Play berdampak buruk, tetapi tetap merupakan perekam panggilan yang dapat digunakan. Program ini mencakup koneksi Google Drive dan Dropbox, serta sejumlah fitur berguna lainnya. Versi pro lebih mahal, tetapi memiliki beberapa fitur tambahan. Selain dari log panggilan, ini adalah sistem yang bagus.

Automatic Call Recorder by recorder & smart apps

Program ini sangat mirip dengan aplikasi Perekam Panggilan Otomatis lainnya dalam daftar ini, namun tidak begitu terkenal. Ini memiliki banyak fitur yang berguna, seperti perekaman panggilan otomatis, beberapa alat organisasi, dan kemampuan untuk merekam dalam berbagai codec audio. Ini juga mencakup cadangan ke penyimpanan cloud dan beberapa fungsi berguna lainnya. Ini kira-kira sebagus yang lain dengan nama yang sama, jadi salah satu saja sudah cukup.

Blackbox Call Recorder

Blackbox mengiklankan dirinya sebagai aplikasi perekam panggilan profesional. Muncul dengan serangkaian fitur standar, seperti perekaman panggilan, pencadangan cloud, dan kontrol kualitas perekaman. Yang ini, di sisi lain, melangkah lebih jauh dengan kunci keamanan, konektivitas aksesori Bluetooth, dan dukungan dual-SIM. Ini menampilkan salah satu set fitur paling komprehensif dan antarmuka yang paling ramah pengguna dari semua alat perekam panggilan dalam daftar. Beberapa mungkin tertunda oleh biaya bulanan, meskipun tidak terlalu mahal.

Boldbeast Call Recorder

Boldbeast Call Recorder adalah salah satu program yang bekerja sangat baik atau tidak sama sekali untuk Anda. Jika Anda tidak mempercayai kami, lihat peringkat Google Play. Bagaimanapun, perangkat lunak perekam panggilan dirancang dengan cukup baik. Jika perlu, Anda dapat menggunakan hotkey untuk merekam panggilan secara manual. Jika Anda perlu merekam sesuatu, itu juga dapat digunakan sebagai perekam suara. Semua ponsel Android, dari Android 8.1 hingga Android 5.0, didukung oleh aplikasi. Ini berfungsi di Android 9.0 jika Anda memiliki akses root, dan Android 10 jika Anda tidak keberatan dengan beberapa solusi yang mungkin mengganggu. Pendekatan Android 10 dapat ditemukan di sini.

Call Recorder Automatic

Program ini sangat mirip dengan aplikasi Perekam Panggilan Otomatis lainnya dalam daftar ini, namun tidak begitu terkenal. Ini memiliki banyak fitur yang berguna, seperti perekaman panggilan otomatis, beberapa alat organisasi, dan kemampuan untuk merekam dalam berbagai codec audio. Ini juga mencakup cadangan ke penyimpanan cloud dan beberapa fungsi berguna lainnya. Ini kira-kira sebagus yang lain dengan nama yang sama, jadi salah satu saja sudah cukup.

Cube Call Recorder

Smart Recorder adalah aplikasi yang memungkinkan Anda merekam suara Anda. Itu tidak dibuat untuk merekam panggilan, tetapi dapat melakukannya dengan tergesa-gesa. Sebagian besar fungsinya didedikasikan untuk merekam panggilan, termasuk fitur unik yang melewati keheningan sehingga Anda tidak perlu mendengarkannya. Ini adalah perekam suara yang bagus dengan fitur perekaman panggilan yang belum sempurna. Agar aplikasi ini berfungsi untuk perekaman yang lebih lama, Anda mungkin perlu menonaktifkan penghemat baterai. Jika Anda memiliki Google Play Pass, Anda juga bisa mendapatkannya secara gratis.

Aplikasi Download Video dari Medsos Terbaik Gak Makan Memori

Sebelumnya, mengunduh video dari YouTube atau situs lain tampaknya menjadi praktik biasa. Orang-orang mengunduhnya karena ingin menonton video berulang kali daripada menghabiskan kuota atau bepergian ke warnet. Namun, seiring kemajuan teknologi, WiFi sekarang tersedia di semua area kota, menghilangkan kebutuhan individu untuk mengunduh video.

Bahkan jika masyarakat telah berubah, beberapa orang masih mematuhinya. Penjelasannya sederhana: mereka tidak ingin video favorit mereka dihapus oleh penyedia saluran. Akibatnya, orang mengunduhnya menggunakan program pihak ketiga.

Sebenarnya pihak korporasi telah melarang ini karena pelanggaran hak cipta, namun orang-orang sepertinya tidak keberatan karena ingin mendokumentasikan video tersebut. Anda dapat mencoba beberapa aplikasi ini jika Anda ingin menyimpan film untuk dokumentasi atau alasan lain yang dapat diterima.

VidMate

Program pengunduhan video terbaik yang tersedia saat ini. Anda dapat mengunduh video dari berbagai saluran dalam berbagai tingkat kualitas menggunakan alat ini. VidMate tidak ada di AppStore, jadi Anda harus mencarinya sendiri.

TubeMate

TubeMate adalah perangkat lunak populer yang digunakan banyak orang ketika mereka ingin mengunduh video dari YouTube.

TubeMate menampilkan desain antarmuka yang solid, menurut Fossbytes, yang memudahkan pengguna untuk mengunduh video melalui program.

TubeMate menawarkan kepada pengguna berbagai pilihan kualitas video untuk diunduh, memungkinkan mereka untuk menyesuaikan resolusi materi dengan kebutuhan mereka sendiri.

TubeMate juga mudah digunakan. Anda cukup membuka aplikasi dan memilih video YouTube yang ingin Anda unduh.

Kemudian Anda tinggal memilih kualitas video yang Anda inginkan, yang berkisar dari 144p hingga FullHD 1080p. Bukankah itu sederhana?

Pengunduh Video dalam 4K

Program ini dianggap sebagai yang paling populer. Anda bisa mendapatkan video dengan menyalin URL video yang Anda inginkan dan menempelkannya ke area aplikasi. Anda hanya dapat mengunduh data audio jika formatnya adalah MP3 atau MP4.

Winx YouTube Downloader

Aplikasi ini memungkinkan Anda mengunduh video dalam format 4K dari lebih dari 30 situs web berbeda. Satu-satunya kelemahan adalah format video 360 derajat dan 3D tidak didukung. Jangan ragu untuk menggunakannya jika Anda tidak keberatan.

Video Downloader for Facebook

Aplikasi ini digunakan untuk mengunduh video dari Facebook, sesuai dengan namanya. Ini mudah digunakan dan dapat dilakukan dalam resolusi apa pun yang Anda pilih. Di toko aplikasi, Anda dapat menemukan Pengunduh Video untuk Facebook. Harap periksa kembali karena ada banyak aplikasi lain dengan nama yang sama.

YouTube Go

YouTube Go adalah aplikasi Android ringan untuk mengunduh video YouTube yang dapat digunakan di ponsel dengan kemampuan sederhana.

YouTube Go, seperti TubeMate, menawarkan berbagai video berkualitas tinggi yang dapat Anda unduh dan simpan di ponsel Anda.

Kualitas video dibagi menjadi tiga kategori untuk YouTube Go: dasar, standar, dan kualitas tinggi.

Anda juga dapat berbagi video yang diunduh dengan teman-teman tanpa harus menggunakan internet dengan perangkat lunak ini.

Aplikasi Android Auto terbaik Yang Wajib Kamu Install

Salah satu hal terbaik yang terjadi pada tumpukan tengah mobil adalah Android Auto. Ini memungkinkan Anda dengan cepat mengakses pesan, panggilan telepon, dan informasi lain seperti cuaca. Anda juga dapat mendengarkan berbagai konten audio, menavigasi hampir di mana saja, dan mengajukan berbagai pertanyaan kepada Google. Ini berfungsi di perangkat Android apa pun dan sangat mudah digunakan.

Anda dapat menyesuaikan pengalaman dengan berbagai aplikasi, dan Anda dapat melakukan hampir semua hal dengannya kecuali melihat film. Jelas, Asisten Google perlu dicantumkan di sini karena menggunakan mikrofon mobil Anda untuk memberikan konten saat Anda mengemudi, tetapi Anda akan memerlukannya untuk menggunakan Android Auto jika tidak. Akibatnya, kami tidak memasukkannya ke dalam daftar di bawah ini. Dengan aplikasi Android Auto terbaik untuk Android, kami dapat membantu Anda menyesuaikan pengalaman Anda!

Audible and Overdrive

Dua dari layanan buku audio paling populer adalah Audibe dan OverDrive. Keduanya kompatibel dengan Android Auto. Mereka berfungsi dengan cara yang sama. Anda dapat membeli buku audio dan mendengarkannya saat mengemudi. Ini adalah alternatif musik yang menyenangkan bagi individu yang lebih menyukai sesuatu yang tidak terlalu intens dalam perjalanan atau perjalanan mereka. Untuk orang yang lebih suka tidak membeli buku individu, Audible juga menawarkan opsi berlangganan. Jika Anda tidak ingin menggunakan Audible, OverDrive adalah pilihan yang sangat baik.

iHeartRadio

iHeartRadio adalah salah satu aplikasi radio Internet paling populer, dan berfungsi baik dengan Android Auto. Ada sejumlah stasiun musik biasa serta stasiun radio. Anda selalu dapat mendengarkan stasiun radio tradisional di radio mobil Anda, tetapi iHeartRadio memudahkan orang-orang yang ingin menyimpan semuanya di Android Auto. Program ini sepenuhnya gratis dengan iklan, atau keanggotaan tersedia bagi mereka yang menginginkan lebih banyak konten. Selama liburan, kami sangat menyukai iHeartRadio karena stasiun Natalnya yang indah. Itu masih fantastis untuk sisa 11 bulan dalam setahun.

MediaMonkey or Poweramp

MediaMonkey adalah pemutar musik yang berjalan di komputer Anda. Untuk Android Auto, ada sejumlah pemutar musik lokal yang sangat baik. Bahkan ada tautan ke daftarnya di bawah paragraf pertama. MediaMonkey, di sisi lain, adalah favorit kami. Programnya sendiri mudah dan mudah beradaptasi, dan tidak banyak kekacauan yang tidak perlu. Demikian pula, pengalaman Android Auto sangat mudah dan efektif. Sangat mudah untuk mengakses daftar putar yang Anda buat atau lagu dari perpustakaan Anda. Pulsar dan Poweramp juga merupakan pilihan yang baik, tetapi MediaMonkey juga menyertakan perangkat lunak desktop, sehingga Anda dapat menyimpan seluruh koleksi lokal Anda di satu tempat.

Facebook Messenger atau Telegram

Telegram dan Facebook Messenger adalah dua aplikasi yang sangat berbeda. Yang pertama adalah layanan messenger paling populer di dunia (bersama dengan WhatsApp), dan kemungkinan besar teman dan keluarga Anda memiliki atau menggunakannya secara teratur. Telegram, di sisi lain, adalah layanan perpesanan yang berfokus pada privasi dengan enkripsi dan fitur keamanan lainnya. Kedua aplikasi ini bekerja dengan Android Auto, dan tidak diragukan lagi mereka adalah yang terbaik. Bagi mereka yang hanya ingin tetap berhubungan, kami merekomendasikan Facebook Messenger, dan bagi mereka yang menginginkan privasi lebih, kami lebih memilih Telegram.

Pandora

Pandora ada di mobil jauh sebelum Android Auto, dan masih menjadi salah satu aplikasi musik terbaik untuk Android Auto. Ini memiliki banyak stasiun musik, dan Anda dapat membuatnya sendiri dengan lagu-lagu favorit Anda. Pandora juga menawarkan layanan musik sesuai permintaan $9,99 per bulan yang bersaing dengan Google Play Musik dan Spotify. Ini adalah solusi all-in-one yang fantastis untuk radio Internet dan musik yang Anda nikmati. Jika Anda tidak menginginkan konten sesuai permintaan, langganan bulanan seharga $4,99 menambahkan beberapa fitur ke sisi radio.

Podcast Addict or Doggcatcher

Baik Podcast Addict dan Doggcatcher adalah aplikasi podcast bagus yang mendukung Android Auto. Podcast Addict menawarkan antarmuka yang mudah digunakan yang berfungsi mirip dengan Pocket Casts sebelum perbaikannya. Doggcatcher sedikit lebih flamboyan, tetapi beroperasi dengan cara yang sama. Kedua pemutar podcast menyediakan edisi premium satu harga dengan akses ke sejumlah besar episode dan fungsionalitas untuk podcast video dan audio. Podcast Addict adalah alternatif yang lebih kuat karena juga mendukung langganan YouTube dan Twitch, buku audio, umpan RSS, dan SoundCloud. Dalam kedua kasus, Anda tidak bisa salah.

Pulse SMS

Pulse SMS, tanpa diragukan lagi, adalah aplikasi SMS Android favorit kami. Ini kompatibel dengan desktop, tablet, smartphone, dan Android Auto. Hasilnya, Anda bisa mendapatkan SMS secara praktis di mana saja. Aplikasi dapat disesuaikan, dan pesan dapat ditanggapi melalui Android Auto. Textra adalah aplikasi populer di kalangan pengguna Android Auto, dan juga merupakan aplikasi SMS yang luar biasa. Pulse SMS, di sisi lain, menyediakan lebih banyak fungsionalitas dan tersedia di lebih banyak platform. Pulse SMS adalah tempat yang tepat jika Anda menginginkan pengalaman SMS all-in-one yang luar biasa (walaupun mahal).

Spotify

Spotify adalah layanan streaming musik paling populer di dunia, dan terintegrasi dengan mulus dengan Android Auto. Ini bekerja dengan baik dengan perintah suara, dan Anda dapat dengan cepat mengakses daftar putar Anda. Mayoritas orang sudah mengetahui apa yang dapat dicapai Spotify dan mengapa itu sangat bermanfaat. Alternatif luar biasa lainnya adalah Google Play Music, yang berfungsi sempurna dengan perintah suara dan fitur lainnya. Namun, berkat YouTube Music, masa depannya meragukan. Deezer dan Amazon Music adalah dua layanan streaming musik tambahan yang bagus.

Aplikasi Yang Lebih Viral dan Terbaru di Tahun 2022

Anda tidak ingin ketinggalan tren saat ini? Bagi Anda yang ingin selalu update dan gemar mengikuti tren saat ini, maka Anda harus mencoba 12 aplikasi yang sedang hits berikut ini. Aplikasi populer ini bukan hanya tentang aplikasi media sosial.

Ada juga aplikasi edit foto, edit video, bahkan game yang sedang populer saat ini. Bahkan ada aplikasi launcher yang paling hits lho. Penasaran dan ingin juga menjajal semua aplikasi yang sedang hits saat ini? Langsung saja simak ulasan Carisignal berikut ini, yuk!

Tiktok

Ingin video Anda menjadi hits dan up to date? Kamu harus mencoba lagi aplikasi video yang lagi hits yang satu ini. Adalah Tik Tok dimana kamu bisa mengedit bahkan mengambil video dengan efek serta lagu-lagu yang sangat modern. Dalam aplikasi ini terdapat berbagai fitur khusus seperti pengenalan wajah.

Fitur ini mampu mengambil gambar atau video berdasarkan wajah yang ditampilkan di depan kamera. Lalu apa saja fitur untuk mengedit video? Tentu ada banyak, salah satunya memberikan efek yang menarik. Penasaran? Download saja aplikasinya disini.

Snack Video

Jika Anda menyukai konten berupa video ala TikTok, Anda pasti akan menyukai aplikasi yang satu ini. Video Snack adalah aplikasi hit yang memungkinkan Anda menemukan berbagai konten video menarik yang telah dibuat oleh orang lain.

Video lucu yang dapat Anda tonton akan dipersonalisasi sesuai selera Anda – aplikasi akan merekam jenis video apa yang Anda suka, dan akan terbentuk feed yang hanya menampilkan konten video “Anda benar-benar”.

Bagi anda yang ingin eksis melalui konten yang dibuat, keinginan anda dapat diwujudkan dalam aplikasi Snack Video. Buat konten menarik yang mengundang banyak like dari banyak orang agar konten Anda bisa tampil di Trending Page. Menarik bukan? Ayo download aplikasinya disini!

Likee/Like

Ini adalah aplikasi hits untuk anda yang ingin membuat hari-hari anda tidak membosankan. Ya, dengan memiliki aplikasi Likee (sebelumnya bernama Like) di ponsel Anda, Anda dapat menikmati sejuta konten menarik dari berbagai pembuat konten berkualitas.

Berkat efek gambar yang mudah diterapkan, Anda juga dapat membuat video pendek yang menarik hanya dengan beberapa ketukan. Dengan Likee, siapa pun bisa menjadi pembuat konten andal yang bisa mendapatkan banyak penggemar dalam waktu singkat.

Tidak hanya itu, jika video yang Anda buat sudah banyak dilihat, Anda juga berpeluang mendapatkan uang dengan menggunakan fitur bernama Creator Reward. Apa yang kamu tunggu? Unduh aplikasi Likee sekarang melalui tautan ini.

CocoFun

Beragam konten menarik menanti Anda di aplikasi CocoFun. Di sini, Anda dapat menemukan konten lucu dalam format gif, video, atau meme animasi yang dapat Anda sukai dan bagikan dengan teman melalui berbagai aplikasi obrolan dan media sosial.

Jika kamu mengikuti pembuat konten yang kamu suka, kamu akan selalu mendapat notifikasi setiap kali pembuat konten itu menerbitkan karya terbarunya agar kamu selalu dapat up to date dengan video-video viral terbaru. Jangan lewatkan keseruannya, unduh aplikasi CocoFun sekarang juga melalui tautan ini.

Viu

Buat kamu yang suka nonton film streaming melalui aplikasi seperti Netflix atau iflix, ada satu lagi aplikasi streaming yang mungkin cocok dengan selera kamu. Ini adalah Viu, aplikasi streaming yang memungkinkan Anda untuk menonton film atau serial seperti drama Korea atau film Asia lainnya seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Myanmar, dan banyak lagi.

Viu berisi banyak film dan serial yang tidak disajikan di aplikasi streaming lainnya. Bahkan, Anda dapat memfilter saat mencari film berdasarkan aktor favorit Anda. Nikmati berbagai genre seperti Romance, Action, Drama, dan Comedy untuk membuat hari-harimu lebih menyenangkan!

Plus, Anda dapat menikmati beberapa konten secara gratis. Anda hanya perlu memiliki akun berlangganan berbayar saat ingin menonton film atau serial premium. Tertarik dengan aplikasi Viu? Silahkan download Viu di link ini.

Hago

Apakah Anda ingin berbicara sambil bermain game? Jika Anda menggunakan Hago, itu sepenuhnya bisa dilakukan. Ya, aplikasi yang telah diunduh ini cocok untuk anak muda yang senang bermain game bersama. Pengguna dapat bermain game ringan dengan pengguna Hago lainnya di Hago.

Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki teman di Hago; Anda dapat membuat teman baru dan bertemu orang baru secara bersamaan. Terlebih lagi, Hago tidak hanya bermain-main dengan Anda; Anda juga dapat bermain game sambil berbicara di telepon. Akibatnya, bermain game jauh lebih menyenangkan. Apakah Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang hiburan Hago? Berikut ini tautan ke aplikasi.

SHAREit

SHAREit adalah program lain yang memiliki banyak pengguna dan sangat berguna. Ini adalah program yang memungkinkan berbagi berbagai jenis materi, seperti file, video, gambar, film, dan banyak lagi, dengan lebih mudah. Jika dibandingkan dengan aplikasi lain, SHAREit juga memastikan kecepatan saat mengirim data.

SHAREit unik karena tidak hanya sebagai aplikasi berbagi data, tetapi juga dapat digunakan sebagai pemutar video. Bahkan, Anda dapat melacak musik dan video paling populer saat ini. Cukup keren dan lengkap bukan? Dapatkan segera aplikasinya dengan klik di sini.

Vidio

Jika Anda ingin menonton film, pertandingan sepak bola, atau bahkan sinetron, Vidio adalah tempatnya. Ya, ini adalah program tunggal yang memungkinkan Anda menonton apa pun yang Anda inginkan. Bahkan, penggemar sepak bola pun dapat menonton pertandingan LANGSUNG di video. Akibatnya, tidak perlu melewatkan pertandingan sepak bola besar. Untuk mengunduh videonya, cukup klik di sini.

Bikin Lemot, Ini 5 Aplikasi Wajib Kamu Hapus dari Smartphone

Aplikasi smartphone tentu saja dapat membantu pengguna dengan berbagai tugas sehari-hari.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa semakin banyak program di ponsel, semakin cepat baterai terkuras, semakin cepat memori internal terisi, dan risiko keamanan iPhone atau Android Anda meningkat.

Akibatnya, pengguna harus menghapus program berikut. Apa pun?

Jadi, itulah berbagai jenis aplikasi yang perlu dihapus dari ponsel Android Anda. Ponsel Android Anda akan lebih ringan dan lebih cepat ketika Anda menghapus aplikasi ini, dan Anda akan lebih menghemat baterai dan kuota data. Jadi, mulai sekarang, lebih berhati-hatilah saat memasang aplikasi di ponsel Android. Apakah Anda memiliki program lain yang perlu di-uninstall? Beri tahu Jaka di bagian komentar di bawah.

1. App for Weather

Sejumlah aplikasi cuaca di Play Store dan AppStore diketahui membawa infeksi berbahaya, menurut laporan dari beberapa spesialis keamanan siber.

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, satu aplikasi cuaca mengambil informasi kartu kredit orang setelah mereka mengunduhnya.

Omong-omong, sebagian besar ponsel cerdas hadir dengan aplikasi bawaan yang unggul, serta program yang lebih berbahaya dan mengancam keamanan pengguna.

2. Various Default Apps

Selain browser, ada banyak aplikasi seluler Android default yang jarang atau tidak pernah digunakan. Bloatware adalah istilah lain untuk program default. Lebih baik membuang memori internal daripada mengisinya. Menyingkirkan aplikasi default ini, di sisi lain, memerlukan akses root. Untuk informasi lebih lanjut, lihat artikel Jaka berikut:

Jadi, itulah berbagai jenis aplikasi yang perlu dihapus dari ponsel Android Anda. Ponsel Android Anda akan lebih ringan dan lebih cepat ketika Anda menghapus aplikasi ini, dan Anda akan lebih menghemat baterai dan kuota data. Jadi, mulai sekarang, lebih berhati-hatilah saat memasang aplikasi di ponsel Android. Apakah Anda memiliki program lain yang perlu di-uninstall? Beri tahu Jaka di bagian komentar di bawah.

3. Applications that claim to be able to save RAM

Anda harus mengetahui aplikasi yang berjalan di latar belakang pada ponsel cerdas, yang membebani RAM dan masa pakai baterai. Banyak orang didorong untuk menghemat kapasitas RAM dengan menginstal program penghemat RAM.

Namun, secara teori, program penghemat RAM ini menghentikan proses kerja aplikasi lain. Ini dianggap memperburuk masalah karena, ketika proses ditutup secara paksa, banyak aplikasi latar belakang harus melanjutkan proses.

4. Antivirus Apps

Smartphone Android dan iOS, pada kenyataannya, datang dengan sistem keamanan mereka sendiri. Misalnya, Anda dapat menggunakan Pengelola Perangkat Android untuk melindungi perangkat Anda dari pencurian tanpa harus memasang aplikasi lain.

Sedangkan jika program tersebut mengandung malware, Google akan memeriksanya di Play Store secara otomatis. Akibatnya, software antivirus hanya bermanfaat jika Anda sering mengunduh aplikasi dari sumber selain Play Store (dalam bentuk file APK).

5. Smartphone Cleaner App

Pengguna menggunakan program pembersihan ponsel cerdas seperti Clean Master dan lainnya untuk meningkatkan fungsionalitas perangkat Android mereka.

Memang benar terkadang data tertinggal di cache setelah Anda menghapus aplikasi. Namun, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi pembersih ponsel cerdas.

Untuk membersihkan data penting, buka menu “Pengaturan”, lalu ke menu “Penyimpanan”, lalu ke “Hapus cache” dan OK.

Anda juga dapat menghapus cache setiap aplikasi dengan membuka “Pengaturan”, lalu “Aplikasi”, lalu “Diunduh”, menekan aplikasi, lalu memilih “Hapus Cache” di halaman berikutnya.